TO BE WISE MAN (PART 4)

Senyum Laksana Berlian

Kebahagiaan hidup terkadang berawal dari hanya sebuah senyuman, entah itu saat suasana hati sedang gundah, sedih ataupun sedang riang gembira. senyum mampu menyulap suasana terburuk menjadi sangat menyenangkan. Tersenyum adalah hal yang bisa menjadi pembawa aura positif dan kebahagiaan baik bagi diri sendiri maupun bagi orang-orang sekitar.

Menjadi pribadi yang menyenangkan dan dikagumi, tidak perlu dengan harus menjadi seorang kaya raya dan mempunyai jabatan yang mentereng, tetapi cukup dengan pribadi yang menyenangkan dan mudah tersenyum kepada siapa saja yang melihat kita, karena senyuman dapat menjadi magnet yang luar biasa untuk pertemanan bahkan persahabatan.    

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Wayne State dari University Michigan yang menganalisis pada 230 foto pemain sepak bola lewat senyum mereka. Dari hasil penelitiannya itu sebanyak 184 pemain yang tidak tersenyum, mereka hanya mencapai usia 72 tahun. Sedangkan sebanyak 75 orang yang tersenyum lebar mereka hidup hingga 80 tahun. Kesimpulannya berarti bahwa senyuman yang sejati ternyata dapat menjadikan seseorang berumur panjang.

Banyak sekali manfaat yang diperoleh dari kebiasaan tersenyum dalam hidup kita. Selain memperpanjang umur, tersenyum juga dapat membuat wajah kita selalu tampak awet muda dan bersinar. Berikut manfaat-manfaat dari kebiasaan tersenyum yang kita lakukan kepada semua orang

1. Tersenyum dapat mengurangi stress

Terkadang kita hanya bisa tersenyum saat suasana hati kita sedang bahagia atau gembira saja. Sedangkan saat hati kita galau, sedih dan terluka, wajah kita selalu dihiasi dengan airmata, wajah muram dan tak beraura. Padahal sejatinya, dengan melakukan kebiasaan tersenyum, justru dapat mengurangi tingkat kesedihan yang sedang kita alami.

Menurut hasil penelitian dari Universitas of Kansas, dinyatakan hasil bahwa tersenyum dapat membantu untuk melepaskan stress. Menurut laman Huffingtonpost, saat seseorang tersenyum dengan lepas, maka denyut tekanan jantungnya akan menurun dan hal ini merupakan salah satu penurun tingkat stress atau gelisah. Dengan seringnya tersenyum juga bermanfaat untuk tubuh kita melepaskan hormon endorpin yang mampu mengurangi dan menyingkrikan hormon stress. Dan dengan tersenyum, tubuh kita mengeluaran reaksi layaknya morfin dalam membantu meredakan stress dan mengurangi persepsi rasa sakit di otak.

Selain itu, dengan tersenyum dapat menjadikan seluruh otot yang ada di bagian wajah kita ikut bergerak, sehingga secara tidak langsung akan menurunkan tingkat stress seseorang.

Oleh karena itu, mulai sekarang rajin-rajinlah tersenyum, baik dikala sedih atau bahagia. Agar tingkat rasa stress atau kesedihan kita bisa diminimalisir sehingga hidup kita selalu bahagia.

 2. Tersenyum dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik

Semua orang pati pernah megalami fase kesdihan dan kegundahan, dan disaat-saat seperti ini diperlukan sebuah upaya dari dalam diri kita sendiri untuk meminimalisir itu. Salah satu hal yang dapat kita lakukan adalah dengan tersenyum.

Tersenyum ternyata dapat mengaktifkan pesan syaraf di otak, yang menjadikan kita bisa menipu tubuh untuk meningkatkan suasana hati. Sehingga dengan tersenyum kemungkinan besar suasana hati kita akan menjadi lebih baik.

Dengan tersenyum sebenarnya kita sedang memicu pelepasan komunikasi syaraf yang dapat meningkatkan neuropeptide dan neurotransmitter yang dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik seperti dopamine dan serotonin. Sehingga dapat dikatakan bahwa tersenyum itu merupakan zat antidepresan yang sangat alami.

Oleh karena itu marilah berlatih untuk tersenyum saat hati kita sedang tidak enak, sedih dan gundah. Agar dengan senyuman kita dapat sedikit banyak menghalau sumber-sumber penyebab kesedihan yang kita alami.

3. Tersenyum dapat meningkatkan imun tubuh

Tersenyum selain dapat meningkatkan efek baik untuk psikolgis, ternyata juga bisa berefek pada pengingkatan imun tubuh. Pada saat kita tersenyum, otak kita melepaskan zat yang dinamakan neurotransmitter yang menyebabkan tubuh kita menjadi tenang dan rileks. Ketika tubuh kita tenang dan rileks, terlebih lagi bahagia, maka imun tubuh dalam tubuh kita akan semakin meningkat. Dan dengan ini dapat menghalau berbagai macam penyakit atau virus yang akan masuk kedalam tubuh kita.

Maka dari itu, perbanyaklah tersenyum, agar imun dalam tubuh kita senantiasa meningkat dan tubuh menjadi lebih sehat.

4. Tersenyum dapat membuat penampilan lebih menarik dan awet muda

Tersenyum ternyata juga dapat membuat penampilan kita lebih menarik. Karena dengan tersenyum akan memacarkan aura positif dari wajah dan tubuh kita untuk orang-orang disekeliling kita. Tersenyum menjadi sebuah simbol gambaran hati dan pikiran yang bahagia. Sehingga orang-orang sekeliling kita akan menjadi sangat tertarik melihat wajah kita dengan senyuman dibandingkan dengan melihat wajah kita yang murung dan bersungut-sungut.

Tersenyum dapat membuat penampilan kita lebih menarik dan atraktif, sehingga itulah yang menyebabkan terkadang kita sendiri merasa sangat nyaman jika berdekatan dengan seseorang yang murah senyuman.

Selain membuat penampilan lebih menarik, tersenyum juga ternyata dapat membuat kita lebih awet muda. Karena ketika kita tersenyum, dapat membantu mengangkat otot-oto wajah. Sehingga dengan ini dapat membantu membuat wajah kita tampak awet muda.

5. Tersenyum dapat membantu membuat mental selalu positif

Selain dapat membantu penampilan lebih menarik dan atraktif, senyuman juga ternyata dapat membuat mental kita selalu positif. Saat kita tesenyum,  seluruh tubuh kita akan menerima pesan seolah-olah sedang terjadi hal baik pada diri kita, seolah-olah kita sedang bergembira walau apapun yang terjadi.

Hal ini yang menyebabkan respon baik bagi tubuh kita untuk selalu berpikiran positif, bermental positif dan berperilaku positif. karena terjadi hubungan yang baik dan timbal balik antara senyuman dengan kebahagiaan yang berefek pada pikiran dan perbuatan yang positif.

6. Tersenyum dapat meningkatkan rasa percaya diri

Tersenyum ternyata dapat meningkarkan rasa percaya diri kita semakin meningkat. Karena dengan tersenyum dapat menggambarkan penguasaaan penuh terhadap diri dan kehidupan, menggambarkan kegembiraan dan kesenangan terhadap hidup dan apapun. Sehingga orang sekitar yang melihat kita tersenyum akan beranggapan bahwa kita sangat percaya diri dan memandang segala sesuatu dengan positif.

Tersenyum dapat menjadikan suasana yang kita hadapi lebih mudah dan menyenangkan. Sesulit apapun hal-hal yang kita hadapi, ternyata dapat diatasi hanya dengan senyuman. Dengan tersenyum, suasana akan menjadi lebih mencair dan rileks.

Sudahkan kita tersenyum hari ini sahabat ???

Mulailah kita berlatih meregangkan otot-otot wajah kita dengan tersenyum, kepada diri sedniri, kepada keluarga kita, kepada teman-teman kita dan kepada semua orang. Karena dengan sebuah senyuman ternyata dapat membawa efek yang sangat luar biasa untuk mengubah pola pertemenan, persahabatan bahkan sampai dengan mengubah pola hubungan buruk sekalipun.

Dan tahukah anda sahabat ???

Ternyata tersenyum itu bisa menular, ya… tersenyum dapat menular dari satu orang ke orang lainnya yang melihat. Dan dengan tersenyum yang menular dari satu orang ke orang lainnya, ini membawa efek yang sangat dahsyat dalam pembentukan hubungan baik dengan sekitar.

Alam sangat suka melihat manusia yang berpikiran positif dan menghiasai wajahnya dengan senyuman. Oleh karenanya alam akan merespon baik apa yang wajah kita pantulkan melalui senyuman, pikiran positif yang kita pantulkan melalui aura dari kepala kita, hati yang ikhlas dan bersih yang kita pantulkan dari aura tubuh kita.

Hanya melalui sebuah senyuman, bisa mengubah segalanya menjadi lebih baik, mulai dari memperbaiki kesehatan psikis kita, kesehatan tubuh kita, kesehatan hubungan kita dengan sesama sampai dengan memperbaiki pandangan kita terhadap masa depan.

Itulah mengapa senyuman dikatakan laksana berlian dalam diri dan hidup kita. Karena berlian sangat disukai semua orang, pun juga dengan senyuman.

Yuuukkk… mari kita berlatih tersenyum kepada apa dan siapapun sebagai awal menyambut hari yang baik dan penuh berkah.

dewi triana bandung

Dewi Triana
Guru, dosen, blogger, penulis lepas, dan pemerhati pendidikan
*sedang menempuh program Doctoral


0 comments on “TO BE WISE MAN (PART 4)Add yours →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *